Monday, June 11, 2012

Roket Shenzou 9 Akan Bawa Astronot Wanita Pertama Cina

Roket Shenzou 9. Image credit: thehindu.com
Setelah menunggu lama, China akhirnya meluncurkan misi luar angkasa berawak berikutnya. Roket Shenzou 9 yang akan membawa para astronot direncanankan akan diluncurkan pada pertengahan Juni ini. Astronot tersebut untuk kemudian akan dikirim ke laboratorium luar angkasa China, Tiangong 1. Misi berawak China ke luar angkasa pertama kali yaitu pada tahun 2008. Sehinga jarak diantara misi berawak satu dengan ke dua cukup lama, hampir 4 tahun.

Lamanya jeda misi kemungkinan disebabkan karena China sedang melakukan penelitian yang lebih mendalam dan mengembangkan teknologi yang lebih canggih lagi sebab wahana kapsul Shenzou pembawa astronot akan melakukan "docking" dengan wahana luar angkasa China lainnya, Tiangong 1. Mirip seperti kapsul Soyuz atau kapsul Dragon SpaceX merapat dengan ISS. Setelah dirasa penyempurnaan yang dilakukan cukup, China akhirnya meluncurkan Tiangong 1 pada tahun 2011, dan selanjutnya meluncurkan roket tanpa awak Shenzou 8 untuk melakukan uji coba merapat dengan Tiangong 1.

Peluncuran Shenzou 9 ini dikabarkan juga akan membawa serta astronot wanita pertama China. (space-travel.com, astronomi.us)