Wednesday, June 27, 2012

Goa Misterius Ditemukan Di RS Semarang


Goa di Rumah Sakit Karyadi Semarang (Antara)
VIVANews - Goa misterius yang diduga peninggalan jaman kolonial Belanda ditemukan di kawasan proyek Instalasi Pembuangan Air Limbah (IPAL) RS Kariadi Semarang. Goa tersebut ditemukan oleh pekerja proyek saat menggali tanah menggunakan alat berat.

Humas RS Karyadi Darwito mengungkapkan pekerja menemukan goa saat menggali bagian bawah bukit pada Sabtu 23 Juni 2012. Bawah bukit itu sebelumnya adalah tempat pembuangan sampah di dekatnya.

"Mereka menggali sejak Sabtu dan menemukan goa tersebut," kata Darwito di RS Kariadi, jalan Dr Sutomo, Semarang, Selasa 26 Juni 2012. Goa itu memiliki ketebalan dinding 42 centimeter, lebar 2 meter, kedalaman 5,2 meter, dan tinggi mencapai 2 meter.

Darwito mengatakan, bangunan rumah sakit itu sudah berdiri sejak jaman kolonial Belanda tahun 1925. Namun di dalam denah rumah sakit tidak ada goa dan hanya berupa bukit. "Bangunan RS sudah ada sejak jaman kolonial tahun 1925. Di denah RS hanya terdapat bukit di sana," ujar Darwito.

Menurutnya, sampai saat ini para pekerja masih mencari tahu apakah masih ada akses ke ruang bawah tanah di goa tersebut. Karena masih terdapat timbunan tanah setebal 70 centimeter.

Haryono, warga sekitar RS Karyadi, memperkiraan goa itu adalah saluran pembuangan air yang dibangun sejak jaman Belanda. "Saluran pembuangan air itu seperti bunker yang tembus hingga Lawang Sewu," ungkap Haryono. (sj)