Monday, June 18, 2012

Katak Langkah Kalimantan Yang Bisa Menyapa


Katak Langka Kalimantan Menyapa dengan Kaki (dailymail.co.uk)

Spesies langka di hutan Kalimantan memiliki cara berkomunikasi yang unik. Katak hutan ini bisa berkomunikasi dengan melambaikan kakinya. Ilmuwan pun dibuat penasaran.

Hewan amfibi yang terancam punah ini dikenal dengan nama Katak Batu Lesser. Mereka menyapa satu sama lain dengan melambaikan kakinya yang tertekuk. Kaki katak ini diangkat sehingga tampak seperti sedang mengajak "tos".

Pakar zoologi mengira gerakan melambai itu berhubungan dengan perilaku pembiakan. Tapi, mereka tidak yakin karena katak sudah melambai jauh sebelum kematangan seksualnya.

Ilmuwan di Kebun Binatang Schonbrunn, Wina, Austria mengembangbiakkan lebih dari seribu Katak Batu Lesser. Sejak itu, mereka mengetahui katak-katak mulai melambaikan kakinya segera setelah tumbuh dari berudu.

"Para ahli meyakini ini ada koneksi dengan proses reproduksi. Tapi, kini kami tahu binatang remaja ini melambai sebelum kematangan seksualnya. Ini membingungkan. Kami sedang mempelajarinya," ujar direktur kebun binatang, Dagmar Schratter seperti dilansir dari Daily Mail.

"Kami berharap pengunjung kebun binatang akan menyukainya. Jika beruntung, Anda bisa menyaksikan mereka menyapa dengan melambai satu atau dua kali," imbuhnya.

Pada 2008, ilmuwan di Kalimantan menyadari spesies katak ini bernapas melalui kulitnya. Hewan mungil ini tidak memiliki paru-paru sehingga tampak datar.

Bentuknya yang aerodinamis membuat katak ini bisa bergerak mulus dalam arus jeram sungai yang cepat. Kendati hewan ini sudah diketahui sejak 1978, ilmuwan baru menemukan katak ini tidak memiliki paru-paru pada masa sekarang ini.

sumber:vivanews.com