Sunday, June 10, 2012

Mesodinium chamaeleon,Makhluk Separuh Hewan Separuh Tumbuhan

Mesodinium Chamaeleon
Spesies baru yang diberi nama Mesodinium chamaeleon membuat anggapan bahwa “tak ada makhluk yang separuh tumbuhan dan separuh hewan” sirna. Nyatanya, spesies aneh jenis baru yang ditemukan oleh peneliti dari Universitas Copenhagen, Denmark, Ojvin Mooestrap ini termasuk dalam golongan itu.
Termasuk organisme sel tunggal, Mesodinium chamaeleon memiliki organ sel cilia yang bisa bergerak secara aktif guna mencari makanan. Sebagai tumbuhan, Mesodinium chamaeleon juga mengalami fotosintesis dan simbiosisnya dengan alga.
Makhluk aneh tersebut tak memiliki pembagian yang menjadikannya bisa disebut hewan atau tumbuhan. Bisa dibilang organisme unik yang dipublikasikan di Journal of Eukaryotic Microbiology ini adalah gabungan keduanya.
Spesies yang melakukan proses endosimbiosis ini ditemukan di Pantai Niva, Denmark. Mesodinium chamaeleon juga memiliki ‘teman’ dengan ciri mirip yang bernama Mesodinium rubrum.
Konon, organisme sel tunggal memperbudak dan menelan bakteri pada dua miliar tahun silam. Karena inilah akhirnya tercipta organisme pabrik energi (multisel) yang juga disebut mitokondria.
Penemuan ini juga semakin menguatkan bahwa keragaman makhluk ciptaan Tuhan benar-benar banyak dan tak terbatas pikiran manusia


Sumber