Sunday, June 17, 2012

Mayor Liu Yang,Astronot Wanita Pertama Cina

Mayor Liu Yang, astronot wanita pertama China. Image credit: spacedaily.com
Terungkap sudah siapa sosok wanita China pertama yang akan menjadi astronot dan sekaligus menjadi wanita pertama yang akan pergi ke luar angkasa. Dia adalah Mayor Liu Yang. Wanita berusia 33 tahun ini merupakan pelatih pilot pesawat tempur China dan telah menghabiskan waktu selama 2 tahun untuk dikarantina dan menjalani pelatihan menjadi astronot.

"Hari pertama telah dikatakan padaku bahwa aku tidak berbeda dari astronot pria," ucap Liu seperti yang dikutip dari spacedaily.com, Sabtu (16/06/2012). Liu Yang sendiri seorang pelatih penerbang pesawat tempur yang sudah menikah, namun belum memiliki anak, ucap penyiar CCTV.

Liu bergabung ke program luar angkasa sejak tahun 2010 dan dia dipilih karena hasil tesnya yang sangat baik. Liu dan dua kru pria, komandan misi Jing Haipeng (45 tahun), dan Liu Wang (43 tahun), akan lepas landas pada hari Sabtu 16 Juni 2012 pukul 6.37 p.m dari Jiuquan Space Base di utara Gurun Gobi China dengan menggunakan roket Shenzhou 9 untuk kemudian melakukan bergabung dengan stasiun luar angkasa China, Tiangong 1.

sumber:astronomi.us