Thursday, June 7, 2012

Manusia Akan Pergi Ke Planet Mars Tahun 2023?



Ilustrasi. Image credit: Mars One
Pergi ke Bulan sudah, bagaimana jika pergi ke Mars? mungkin manusia akan dapat melakukannya pada tahun 2023 nanti. Seorang pengusaha besar Belanda Bas Lansdorp, ingin mewujudkan impian dan harapan manusia yaitu pergi ke Mars. Ia mengatakan bahwa hal itu sangat mungkin dilakukan sebab teknologi saat ini yang terus berkembang begitu luar biasa pesatnya. Lansdorp mengatakan setidaknya dibutuhkan dana $ 6 miliar untuk melakukan semua itu termasuk biaya riset dan pembuatan wahana antariksa untuk menuju ke Mars.

Namun hal itu tidak mudah, diperlukan teknologi tinggi untuk melakukan semua itu termasuk menyediakan sarana pendukung kehidupan seperti oksigen, energi, makanan, air dan sebagainya.

Dikutip dari universetoday.com, Kamis (07/06/2012), Untuk mendukung semua itu, Lansdorp akan menggunakan roket Falcon 9 buatan SpaceX, kapsul transit vehicle/space habitat yang dibuat oleh Thales Alenia Space salah satu variant dari kapsul Dragon SpaceX, kendaraan penjelajah (rover vehicle) oleh MDA Space Mission, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Siapa yang akan pergi? Akhir tahun ini rencananya akan ada pemilihan 40 orang yang kemudian akan diseleksi menjadi hanya 4 saja. Semua tahapan seleksi akan disiarkan melalui televisi dan media online. 
 
sumber:astronomi.us