Friday, June 15, 2012

Asteroid Super Jumbo Dekati Bumi


Asteroid raksasa sedang mendekati Bumi (nasa.gov)

Sebuah asteroid raksasa terbang melewati Bumi, Jumat tengah malam waktu Greenwich Mean Time (GMT), 15 Juni 2012. Atau pagi hari ini, waktu Indonesia.

Para astronom Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) mengatakan, asteroid super jumbo itu tidak akan bertumbukan dengan Bumi, seperti dikutip dari laman The Telegraph. Ukuran asteroid tersebut kira-kira 10 kali ukuran kolam renang Olimpiade.

Asteroid yang bernama LZ1 merupakan salah satu dari 9000 objek yang ada di dekat Bumi dan terekam NASA. Dengan lebar 500 meter, asteroid ini berada di jarak 14 kali jarak Bumi-Bulan.

Benda langit ini pertama kali diidentifikasi oleh astronom Rob McNaught, kemarin di Sekolah Penelitian Astronomi dan Astrofisika dari Universitas Nasional Australia. Tapi sayang, penampakan asteroid ini tidak bisa dinikmati dengan mata telanjang.

"Sesekali, benda besar seperti ini akan muncul entah dari mana.  Ini besar sekali," kata Patrick Paolucci, bos situs pengamat antariksa, Slooh.

Asteroid dikualifikasikan dekat Bumi jika dia berukuran lebar minimal 152 meter dengan jarak 7,5 juta kilometer dari Bumi.  Proses lewatnya asteroid tersebut akan disiarkan langsung dari sebuah observatorium di Kepulauan Canary.


sumber:vivanews.com