Saturday, June 9, 2012

Vega Bintang Paling Terang Kedua Di Langit Utara

Vega Star

Bintang Vega adalah bintang paling terang di rasi Lyra. Bintang ini berjarak sekitar 25,3 tahun cahaya dari bumi dan merupakan bintang palin terang kelima di langit malam, serta bintang paling terang kedua di belahan langit utara setelah bintang Arcturus. 

Vega memiliki kelas spektrum A0V, dengan demikian ia merupakan bintang deret utama yang sedang melangsungkan pembakaran hidrogen menjadi helium di intinya. Sebagai bintang kelas A0V, Vega hanya akan bersinar sekitar satu miliar tahun saja, yaitu seper 10 dari Matahari. Umur bintang Vega saat ini diperkirakan berkisar antara 200 sampai 500 juta tahun. 

Bintang Vega memiliki struktur dua kali lebih padat dan memancarkan energi 50 kali lebih banyak daripada Matahari. Vega juga merupakan bintang yang berotasi sangat cepat, dan karena efek presesi pada rotasi Bumi, pada sekitar tahun 14.000 diperkirakan bintang Vega akan menjadi sebuah Bintang Utara.

Telah lama, Vega dijadikan sebagai bintang standar dalam kalibrasi fotometri absolut oleh para astronom. Magnitudo tampak Vega didefinisikan sebagai nol untuk semua panjang gelombang.


Read more: http://spicaku.blogspot.com/2012/01/vega-bintang-paling-terang-kua-di.html#ixzz1xGaU6O59