Sunday, June 3, 2012

Di Temukan Situs Persembahan Manusia

Peneliti Maria Del Pilar Fortunic melihat tembok yang sedang diteliti yang dibangun pada masa pra sejarah Kolombia, pulau San Lorenzo (Foto: Reuters)


 PERU – Situs kuno yang digunakan pada masa pra sejarah Kolombia untuk pengorbanan manusia, telah ditemukan di pantai utara Peru.Penemuan ini mendukung teori sebelumnya mengenai upacara yang dikenal “persembahan” yang dilakukan oleh Suku Moche, masyarakat petani yang berkembang pada tahun 100 SM dan 800 M.

Director Bruning Museum Carlos Wester La Torre di Peru dan juga menjadi pimpinan penggalian mengatakan, situs upacara tersebut tampaknya menjalankan ritual pembunuhan para tawanan perang.
Foto yang diambil pun menunjukkan tulang belulang manusia yang diperkirakan lebih dari selusin berserakan di lantai aula situs itu.

“Terdapat aula upacara yang besar dan jalan masuk yang terhubung dengan arsitektur yang menunjukkan keberadaan petinggi Moche dan juga praktik ritual kompleks seperti pengorbanan manusia,” ujar Wester seperti dilansir Reuters, Jumat (23/7/2010).

Tim yang dipimpin Wester menemukan koridor sepanjang 70 meter yang terhubung dengan pilar dan lima kursi tahta.

“Sisa-sisa gambar yang ditemukan dalam koridor menggambarkan tiga imam tinggi yang menegaskan keterlibatan kepemimpinan budaya politik dalam upacara tersebut,” katanya.
Peru diyakini sebagai salah satu di mana agrikultur pertama kali dikembangkan dan telah memiliki ratusan situs arkeologi kuno, termasuk reruntuhan Kota Inca dari suku Machu Piccu.