Thursday, June 14, 2012

Blue Marlin,Kapal Angkut Super Besar Di Dunia

Blue Marlin Sedang Mengangkut puluhan kapal
Blue Marlin Sedang Mengangkut puluhan kapal

Blue Marlin  merupakan kapal angkut luar biasa, kapal ini mampu mengangkut 22 kapal  yang masing masing memiliki bobot 3000 ton.

Blue Marlin merupakan kapal raksasa yang di gunakan untuk mengangkut baraang yang ukuranya cukup besar Blue Marlin sendiri mampu mengangkut barang hinga 75 ribu ton.

Membawa sebuah rig minyak: Kapal menetapkan rekor baru dengan memberikan 59.500 BP ton semi-submersible Guntur Platform Kuda dari Okpo, Korea Selatan ke Corpus Christi, Amerika Serikat pada tahun 2004
Blue Marlin Sedang Mngangkut Kilang Minyak

Kapal ini sendiri memiliki ukuran panjang 217 meter dan tingginya 42 meter dan deknya sangat uas dua kali lipat lapangan sepak bola bayangkan sediri saja seberapa besar kapal Blue Marlin ini, kapal ini sendiri mampu menempuh kecepatan hinga 13 knot yang ditenagai mesin diesel berkekuatan 17 ribu tenaga kuda. Dengan 24 orang kru kapal ini akan mengarungi luasnya samudra.

Rekor yang telah di pecahkan oleh Blue Marlin  adalah ketika kapal ini berhasil mengangkut sebuah kilang minyak yang memiliki berat mancaapi 60.000 ton  yang dibbawa dari Korea menuju  Corpus Christi, AS, pada 2004 lalu.

Nampaknya Blue Marlin, yang diluncurkan pada tahun 1999, sebagai kapal terbesar dari jenisnya akan digantikan  oleh Dockwise adik Blue Marlin yang akan selesai pada akhir tahun ini yang sedang di kerjakan di galangan Korea, kapal ini diperkirakan akan mapu mengangkut beban hingga 110.000 ton. 

(dailymail.co.uk)