Saturday, June 16, 2012

5 Fakta Tentang Che Guevara

Che Guevara seorang legenda abadi Argentina. Kisah kepahlawanannya terus diceritakan turun temurun di seluruh dunia. Che Guevara adalah tokoh gerakan revolusioner di Amerika Latin. Selain itu, Che Guevara menjadi orang kedua setelah Fidel Castro dalam pemerintahan baru Kuba setelah revolusi. Sosoknya memang terkenal di seluruh dunia, tetapi hanya sedikit orang yang mengetahui perjalanan hidupnya yang mengagumkan. Dan berikut ini 5 fakta tentang Che Guevara sang pemberontak.

1. IRONIC ICON



Saat berada di Bolivia pada tahun 1967, Che ditangkap oleh CIA yang menumpaki tentara Bolivia. Mereka membunuh Che ketika ia berusia 39 tahun. Tapi saat ini nama dan reputasinya malah tertanam dengan kuat. Ia menjadi ikon dunia dan wajahnya muncul dalam bendera - bendera, plakat, dll sebagai pahlawan revolusi di dunia.

2. SAINT ERNESTO


Guevara telah menjadi pahlawan nasional di Kuba. Gambar mukanya terpampang di atas mata uang Peso Kuba. Pada tahun 2008, sebuah patung perunggu setinggi 12 meter dipahat untuk mengenang Che. Patung tersebut diresmikan di kota kelahirannya, yaitu Rosario. Selain itu, Guevara telah dianggap sebagai orang kudus oleh petani Bolivia. Ia dijuluki sebagai “Saint Ernesto”, dimana para petani tersebut akan berdoa kepada Che untuk memohon bantuan. Namun, Gereja Katolik tidak menganggap Guevara sebagai orang suci dan menentang pemujaan akan terhadapnya.

3. PRIA TANPA LENGAN


Pada tahun 1965, setelah revolusioner dimenangkan olehnya, Guevara meninggalkan Kuba. Ia lalu terlibat dalam perjuangan revolusioner internasional. Ia berpetualang sampai ke Afrika dan akhirnya ikut berperang di Kongo. Setahun kemudian, Guevara berpetualang kembali ke Bolivia. Che mengorganisir pemberontakan untuk menjatuhkan pemerintahan militer Bolivia yang pro AS. Che ingin memasang pemerintahan komunis di sana. Namun nasib berkata lain.

Pada tanggal 8 Oktober 1965 di dekat Vallegrande, Guevara tertangkap oleh pihak militer Bolivia. Atas perintah Presiden Bolivia Barrientos, Che dieksekusi mati. Setelah eksekusinya itu, dokter tentara Bolivia mengamputasi tangan Che. Para tentara Bolivia merahasiakan keberadaan tubuh Che. Mereka mengawetkan tangan Che dengan formalin. Kemudian mereka mengirim tangan tersebut ke Buenos Aires untuk diselidiki sidik jarinya oleh polisi Bolivia. Kemudian tangan yang telah diawetkan tersebut dikirim kembali ke Kuba.

4. LIMA ANAK


Sosoknya sebagai seorang legendaris dan pejuang revolusioner membuat kita lupa bahwa Guevara pun hanya seorang manusia biasa yang mempunyai keluarga. Guevara memiliki seorang anak dengan istri pertamanya, Hilda Gadea. Gadea adalah seorang gadis Meksiko yang lahir pada tanggal 15 Februari 1956. Lalu Che memiliki empat orang anak dengan istri keduanya,yaitu Aleida Maret. Aleida adalah seorang revolusioner juga. Gambar diatas adalah Camilo, anak Che.

5. DOKTER MEDIS


Pada bulan Juni 1953, Che Guevara telah menyelesaikan studi kedokterannya. Ia lulus dengan gelar Dokter Ernesto Guevara. Ketika masih kuliah, ia sangat tertarik untuk mempelajari penyakit Kusta.

 source