Monday, May 21, 2012

Situs-Situs Yang Menyediakan Siaran Langsung Gerhana Matahari


 
Seorang pria mengamati gerhana matahari parsial melalui filter di Galyatetot, 4 Januari 2011 (Reuters)
Jakarta, Seruu.Com - Lembaga Antariksa Amerika Serikat (NASA) memperkirakan akan terjadi dua gerhana Matahari dan dua gerhana Bulan sepanjang 2012. Gerhana Matahari annular pertama akan terjadi pada 20 Mei, namun untuk Wilayah Indonesia gerhana tersebut bisa dinikmati pada 21 Mei.
Gerhana “Cincin Api” itu dapat disaksikan masyarakat di berbagai belahan dunia dengan waktu masing-masing. Namun bagi Anda yang kemungkinan tak dapat menyaksikannya langsung, sejumlah organisasi dari berbagai negara sudah menyiapkan siaran langsungnya yang dapat diakses melalui internet.

Berikut beberapa di antaranya seperti dilansir Space.com:

1. http://events.slooh.com/
Slooth Space Camera akan menyiarkan langsung pengamatan dari Jepang, California, Arizona dan New Mexico mulai Minggu, 21.30 GMT.

2. http://panasonic.net/eclipselive/
Perusahaan elektronik asal Jepang, Panasonic, menyiarkan langsung Gerhana Matahari dari ketinggian 3.776 meter di Gunung Fuji.

3.http://www.weather.gov.hk/gts/hksm/astrophoto.htm
Siaran langsung ini disediakan Hong Kong Observatory and Hong Kong Space Museum. Sudut pengamatan dari beberapa kota di selatan China.

4.http://www.ustream.tv/channel/scottys-sky
Siaran ini disajikan seorang penggemar stronomi, Scotty Degenhart dari Area 51 Nevada AS yang berjarak sekitar 130 km dari Las Vegas.

sumber