Wednesday, May 23, 2012

Peneliti Terus Selidiki Misteri Gunung Padang


alt


Jakarta - Situs Gunung Padang yang sebelumnya disebutkan berasal dari 6.700 tahun silam atau 4.700 SM, hingga saat ini terus diteliti oleh para arkeolog dan Geologi yang dipimpin oleh Staf Khusus Presiden Bidang Bantuan Sosial dan Bencana Andi Arief.

Ketua Tim Arkeolog Ali Akbar kepada Repulika seperti dilansir Kamis (17/5) mengatakan penelitian dilakukan untuk menindaklanjuti penelitian dan diskusi sebelumnya. Peneliti kali ini telah menemukan beberapa hal yang menarik seperti bentuk bangunan, teknologi bangunan, dan usia Gunung Padang.
Menurutnya, tim peneliti baru melakukan survei terhadap situs Gunung Padang yang belum diteliti sebelumnya. Penelitian tersebut diharapkan akan menghasilkan temuan yang nantinya mengungkap bangunan situs bangunan Gunung Padang.

Saat ini telah dibentuk Tim Terpadu Penelitian Mandiri Gunung Padang yang terdiri dari dua tim yakni Tim Geologi dan Arkeologi. Tim Geologi dipimpin oleh Danny Hilman dan Tim Arkeologi  dipimpin oleh Ali Akbar.

Situs Gunung Padang adalah situs prasejarah peninggalan kebudayaan Megalitikum yang berada di Jawa Barat. Kawasan punden berundak ini berada di perbatasan Dusun Gunungpadang dan Panggulan, Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Kawasan ini telah dikeramatkan oleh warga setempat, khususnya penganut agama Sunda wiwitan. Penduduk setempat menganggap situs Gunung Padang sebagai tempat Raja Sunda, Prabu Siliwangi. (mas/asr)