Sunday, May 27, 2012

Ditemukan Bulu Dinosaurus Di Getah Damar


bulu dinosaurus
Bulu dinosaurus yang terawetkan di dalam getah damar ini diperkirakan berusia antara 70 juta tahun

Dalam film Jurrasic Park dinosaurus bisa dilahirkan kembali berkat penemuan DNA binatang tersebut yang diawetkan di getah damar.

Kini para ahli di Kanada menemukan bulu dinosaurus yang terawetkan secara nyaris sempurna di dalam getah damar di Kanada barat.
Penemuan ini menunjukkan banyak spesies dinosaurus yang mungkin memiliki bulu tebal.
Perkiraan yang berkembang selama ini adalah kulit dinosaurus bersisik namun bukti terbaru ini menunjukkan ada jenis dinosaurus yang memiliki bulu berwarna-warni.

"Sebagian besar dinosaurus awal diperkirakan banyak yang memiliki bulu. Mereka seperti mamalia berbulu," kata Dr Ryan McKellar, ketua tim peneliti dari Universitas Alberta, Kanada, yang menemukan bulu dinosaurus kepada BBC.

Evolusi burung

"Sebagian besar dinosaurus awal diperkirakan banyak yang memiliki bulu"
Dr Ryan McKellar
"Spesimen yang kami temukan di dalam damar ini seperti mumi. Bulu ini dalam keadaan kering dan terawetkan secara sempurna," kata Dr McKellar.

Ia menambahkan melalui mikroskop struktur dan warna bulu tersebut bisa diamati dengan sangat jelas.
Dalam tulisan di jurnal ilimiah Nature tim peneliti meyakini bulu dinosaurus berusia antara 70 dan 85 juta tahun tersebut difungsikan untuk menghangatkan tubuh, bukan untuk terbang.

Para peneliti mengatakan penemuan ini akan membantu mereka memahami bagaimana bulu berevolusi dan ditemukan di banyak jenis burung modern.
Mereka juga ingin mengetahui evolusi dinosaurus menjadi burung.