Wednesday, July 18, 2012

Ajaib Dua Jenasah Utuh Di Makam Sunan Bonang



Makam Sukran dan Muzakir di areal makam Sunan Bonang di Tuban, Jawa Timur. Ketika dipindah untuk perluasan makam, jenazah mereka masih dalam keadaan utuh.

KOMPAS.com - Renovasi dan perluasan makam Sunan Bonang di Tuban menyisakan peristiwa langka. Saat beberapa makam dibongkar, ternyata ada dua jenazah utuh.

Di sekitar makam Sunan Bonang memang terdapat banyak makam kiai atau masyarakat luas. Karena perluasan membutuhkan lahan, maka beberapa makam di dekat makam Sunan Bonang dipindahkan.

"Ternyata ada dua jenazah yang kondisinya masih utuh. Dua jenazah itu atas nama Muzakir dan Sukran," kata salah satu juru kunci makam Sunan Bonang, Abdul Muchith.

"Ya, kami tak tahu kenapa bisa begitu. Tapi, biasanya orang suci jenazahnya dilindungi Tuhan dan dalam keadaan utuh. Amalan Muzakir memang bagus semasa hidup. Dia adalah guru mengaji," tambahnya.

Utuhnya dua jenazah itu sempat membuat geger masyarakat sekitar. Beberapa peziarah yang mengetahui cerita itu, sering menyempatkan diri mendoakan arwahnya, atau sekadar melihat makamnya yang kini tetap dekat dari makam Sunan Bonang.