Sunday, July 15, 2012

Ilmuwan Hidupkan Gen Purba 500 Juta Tahun



Gen purba 500 juta tahun hidup kembali dalam bakteri modern
Gen purba 500 juta tahun hidup kembali dalam bakteri modern
Film "Jurassic Park" bermula dengan eksperimen yang dilakukan ilmuwan untuk menghidupkan binatang purba. Kini kejadian serupa terjadi di laboratorium Georgia Tech, Amerika Serikat. Gen purba berusia 500 juta tahun bisa dihidupkan kembali oleh ilmuwan.

Peneliti telah membangkitkan gen 500 juta tahun lalu itu. Mereka memuatnya ke dalam bakteri E coli modern. Kuman itu kini telah hidup melintasi 1.000 generasi.

"Ini cara yang paling memungkinkan untuk mengulang rekaman kehidupan molekul," ujar ilmuwan Betül Kaçar selaku pakar astrobiologi NASA di Georgia Tech.

Ilmuwan berharap bakteri purba ini berevolusi dengan cara yang sama seperti terjadi pada awal mulanya dulu. Mungkin akan berevolusi menjadi organisme baru.

Bakteri "baru" ini telah bermutasi secara cepat. Beberapa menjadi lebih kuat dan sehat dibanding kuman masa kini.

"Kini kami memiliki kemampuan untuk mengamati gen purba dalam tubuh organisme modern. Kami bisa melihatnya berevolusi dalam sebuah sel modern. Dengan ini, kami bisa melihat lintasan evolusi yang dulu terjadi dapat berulang kembali. Bisa juga kehidupan baru ini beradaptasi dengan cara yang berbeda," imbuhnya seperti dilansir dari Daily Mail.