Sunday, July 15, 2012

Buaya Raksasa Ini Cetak Rekor Dunia

Buaya raksasa ditangkap di Filipina
Buaya raksasa ditangkap di Filipina

Buaya raksasa ini diberi nama Lolong. Hewan raksasa yang ditangkap di daerah terpencil selatan Filipina ini telah menimbulkan kebanggaan sekaligus ketakutan dalam dunia pariwisata negara itu. Kini Lolong mencetak rekor dunia.

Pencatat Rekor Dunia Guinness menyatakan Lolong sebagai buaya air asin terbesar yang pernah ditangkap di dunia. Buaya ini telah menyebabkan serangan mematikan sebelum berhasil ditangkap pada September 2011.

Perayaan rekor baru Lolong ini digelar di Bunawan, kota pertanian di provinsi Agusan del Sur yang berpenduduk 37.000 jiwa. Gubernur Edwin Cox Elorde mengatakan kekhawatirannya bahwa ada kemungkinan buaya raksasa lain dapat mengancam di rawa dan anak sungai tempat warga biasa memancing.

"Ada campuran perasaan. Kami sangat bangga karena buaya ini membuktikan kekayaan keragaman hayati di tempat kami. Tapi, pada saat yang sama, ada ketakutan Lolong tidak sendiri," ujar Elorde seperti dilansir dari Huffington Post.
Lolong telah menjadi atraksi menarik di pusat penelitian dan taman ekoturisme terbaru Bunawan. Ribuan turis berbondong-bondong mengunjungi Lolong sejak berita keberadaannya mengemuka.

Elorde mengatakan kotanya telah meraup 3 juta peso atau US$72.000 dari tiket masuk ke taman. Uang itu digunakan untuk memberi makan dan memelihara buaya. Penghasilan dari Lolong ini juga dapat mendanai perawatan taman wisata ini.

Lolong berukuran 6,17 meter. Beratnya lebih dari satu ton. Juru bicara Guinness, Anne-Lise Rouse mengatakan reptil ini mengambil kedudukan rekor buaya Australia yang berukuran lebih dari 5 meter dan berat hampir mencapai satu ton.

sumber:viva.co.id