Monday, July 23, 2012

7 Spesies Baru yang Menggunakan Nama Pesohor Dunia

Para ilmuan berhasil menemukan Spesies baru dimuka bumi ini setridaknya setiap tahun para ilmuan berhasil menemukan 17.000-24.000 spesies baru. Pastinya setiap spesies baru  hasil temuan para ilmuan ini harus diberi nama agar mudah mengingatnya, namun entah kenapa 7 spesies baru berikut ini diberi nama sama dengan pesohor dunia. Kkamu mau tahu Spesies Baru apa aja itu yang diberi nama pesohor dunia simak berikut ini.

1. Parasit Bob Marley

Parasit Marley, (Gnathia marleyi), merupakan temuan terbaru. Hewan crustacean ini hidup dengan menempel pada ikan karang di Perairan Karibia. Paul Sikkel, ahli biologi laut pada Arkansas State University, mengatakan, pemberian nama penyanyi legendaries Bob Marley karena rasa hormat dan bangga kepada musik-musik Marley.

2. Lalat Kuda Beyonce

Lalat kuda asal Queensland, Australia, yang sudah jarang ditemui dinamai penyanyi AS, Beyonce, pada Januari 2012. Ilmuwan Bryan Lessard memberi nama (Scaptia beyonceae), karena sama-sama memiliki rambut keemasan. Pada lalat, rambut itu berada di bagian perut. Penamaan ini untuk memberi penghormatan atas performa Beyonce.

3. Kukang John Cleese

Aktor dan komedian John Cleese dijadikan nama seekor kukang asal Madagaskar pada tahun 2005. Kukang (Avahi cleesei) yang terancam punah itu diberikan oleh Urs Thalmann. Kehormatan itu diberikan atas jasa John Cleese mempromosikan konservasi alam pada film-filmnya seperti Fierce Creatures.

4. Kumbang George Bush

Mantan Presiden AS George Bush, Mantan Wapres Dick Cheney, dan Sekretaris Keamanan Donald Rumsfeld dijadikan nama kumbang pada tahun 2005. Quentin Wheeler, satu dari tim peneliti yang menemukan kumbang-kumbang ini, mengatakan, pemberian nama politisi itu tidak terkait kondisi fisik kumbang.

5. Kumbang Kate Winslet
Artis cantik ini dijadikan nama kumbang (Agra katewinsletae), setelah bermain dalam film Titanic. Terry Erwin, ahli serangga yang menemukan serangga ini, menjelaskan, pemberian nama mengacu pada ancaman punahnya serangga karena deforestasi. “Karakternya (Kate Winslet) tidak tenggelam bersama kapal. Tetapi kami tidak dapat mengatakan apakah juga akan terjadi pada spesies yang tinggal di bawah naungan pohon jika hutan tropis berubah jadi padang rumput,” tutur Erwin.

6. Kumbang Adolf Hitler
Nama pimpinan Nazi Jerman Adolf Hitler dijadikan nama kumbang buta (Anophthalmus hitleri). Kumbang ini ditemukan dalam lima gua lembab di Slovenia. Serangga ini ditemukan kolektor Jerman pada tahun 1933, seorang pengagum Hitler.

7. Kelinci Hugh Hefner

Seperti lambang tempatnya berkiprah, nama Hugh Hefner dijadikan nama seekor kelinci rawa (Sylvilagus palustris hefneri) yang ditemukan di sebelah tenggara AS. Editor majalah Playboy sekaligus salah satu pimpinan Perusahaan Playboy itu juga dikenal mempekerjakan pelayan dengan kostum kelinci. Hefner mendonasikan uangnya untuk melindungi kelinci yang terancam punah itu.