Friday, July 13, 2012

Makhluk Menakjubkan Penghuni Laut Es Artik



Bentuk kehidupan menyala bawah air ini merupakan beberapa diantara makhluk paling mirip alien di dunia. Makhluk menyeramkan ini seperti berasal dari planet jauh.

Makhluk tembus pandang seperti jeli ini ‘terbang’ di salah satu laut paling jauh dan tak bisa ditinggali di Bumi. Bola menyala bertentakel ini hidup 40 meter di bawah air yang tertutup lembaran es di Laut Putih di Arktik Rusia yang suhunya hanya sedikit di atas beku.

Alexander Semenov (25) dari Moskow yang kini menjadi kepala penyelam di White Sea Biological Station melakukan penyelaman di tempat itu guna mendokumentasikan kehidupan dari spesimen menakjubkan ini seperti dilaporkan Dailymail.

Menggunakan strobe light, Semenov berhasil merekam bentuk tubuh makhluk ini. “Kebanyakan makhluk ini transparan. Mereka hidup di kolom air dan harus bersembunyi dari predator atau ternyata mereka adalah predator yang harus tak terlihat untuk mengejutkan mangsanya”.

Teknik pencahayaan pria ini sangat efisien hingga berhasil menampakkan peristiwa makhluk ini saling memakan. Semenov yang juga merupakan fotografer ini menggunakan pengetahuannya pada dunia alam untuk membuat foto serelevan mungkin dengan sains.

“Fauna Arktik benar-benar berbeda dibanting fauna lain yang pernah dilihat. Fauna ini unik, menginspirasi dan sangat menarik untuk dipelajari”.