Monday, July 16, 2012

Jenis-Jenis Hamster

Di Indonesia, hamster terdiri dari Hamster Sirian dan Hamster Mini yang biasa juga disebut Dwarf Hamster, yaitu Campbel, Winter White, Roborovski, dan Hibrid. Saya akan menjelaskan 5 jenis hamster yang ada di Indonesia dan 1 hamster yang jarang atau bahkan tidak ada di Indonesia yaitu Hamster Cina.

1. Hamster Sirian
Inggris: Syrian Hamster
Sebutan Inggris lain: Golden Hamster, Teddy Bear Hamster
Latin: Cricetinae Mesocricetus auratus
Panjang tubuh: 16-18 cm
Batas umur rata-rata: 2-3 tahun
Karakter: Soliter
Hamster Sirian, seperti namanya berasal dari Aleppo wilayah sekitar Siria. Hamster Sirian merupakan hamster yang paling dikenal dan banyak terdapat di petshop dan juga salah satu hamster favorit saya. Namun di petshop-petshop Indonesia khususnya di Jakarta sekarang ini, kebanyakan menjual Hamster Mini, sedangkan Hamster Sirian lebih sering ditemukan di pasar-pasar traditional. Ukuran hamster jenis ini adalah yang paling besar di antara hamster-hamster lain. Hamster Sirian adalah jenis hamster yang paling mudah dijinakan dan ramah. Di alam liar Hamster Sirian hidup menyendiri jadi di dalam penangkaran hamster ini lebih senang sendiri. Hamster Sirian dapat menjadi sangat agresif dan bisa melukai hamster yang tinggal satu kandang dengannya. Jadi disarankan lebih baik satu kandang untuk satu hamster Sirian. Jika Anda ingin menempatkan 2 atau lebih Hamster Sirian dalam satu kandang, Anda harus mengadopsinya dari satu saudara pada saat mereka lahir, jadi sedari kecil mereka sudah hidup bersamaan.

Hamster Sirian disebut juga Golden Hamster, karena mantel bulu asli mereka berwarna kuning emas meskipun sekarang banyak variasi mantel bulu dari hamster Sirian. Hamster Sirian yang berambut panjang disebut Teddy Bear Hamster namun sering juga orang menyebutkan Anggora, dengan rambut panjang disekitar perut yang menyerupai rok dan hamster Sirian betina bisa lebih besar dari yang jantan.

Berikut adalah variasi mantel bulu Hamster Sirian :



2. Hamster Campbel
Inggris: Campbell Hamster
Sebutan Inggris lain: Dwarf Campbell's Russian Hamster
Latin: Cricetinae Phodopus Sungorus campbellii
Panjang tubuh: 8-11 cm
Batas umur rata-rata: 2-2.5 tahun
Karakter: Berkoloni 

Hamster Campbel juga salah satu hamster terkenal dan populer bagi orang-orang yang menyukai hamster jenis mini. Hamster Campbel mempunyai banyak variasi mantel bulu yang menarik tapi Hamster Campbel normal berwarna kuning gelap kecoklatan dengan garis hitam di punggung dan mempunyai bulu yang panjang di sekitar kaki.  

Hamster Campbel kadang terlihat lebih besar dari Hamster Winter White karena bulunya yang tebal tapi nyatanya tidak demikian. Hamster Campbel bisa menjadi sangat gemuk di dalam penangkaran dibanding pada saat mereka hidup di alam liar. Pada suhu yang dingin bulu Hamster Campbel bisa menjadi abu-abu terang dan hamster jenis ini dapat hidup berkelompok dengan satu jenis kelamin yang sama.

Hamster Campbel kadang mempunyai temperamen yang galak sehingga suka menggigit, namun dengan penanganan yang baik hamster Campbel bisa menjadi hamster yang ramah dan jinak.

Berikut adalah variasi mantel bulu Hamster Campbel :



3. Hamster Winter White
Inggris: Winter White Hamster
Sebutan Inggris lain: Dwarf Winter White Russian Hamster, Djungarian Dwarf Hamster
Latin: Cricetinae Phodopus Sungorus sungorus
Panjang Tubuh: 9-12 cm 
Batas umur rata-rata: 2-2.5 tahun

Karakter: Berkoloni

Hamster Winter White adalah kerabat dekat Campbel. Hamster Winter White berasal dari padang rumput bersalju yang luas tanpa pepohonan di wilayah utara Kazakhstan dan Siberia. Bulu Hamster Winter White dapat berubah menjadi putih bila berada di udara yang dingin, ini dikarenakan Hamster Winter White berasal dari daerah yang bersalju sehingga predator sulit untuk melihat mereka.

Ciri fisik hamster ini adalah moncong hidung agak panjang dari hamster Campbel, dengan telinga agak kebelakang atau tidak tegak. Hamster Winter White dapat hidup berkelompok dengan satu jenis kelamin yang sama.

Berikut adalah variasi mantel bulu Hamster Winter White :


4. Hamster Roborovski
Inggris: Roborovski Hamster
Sebutan Inggris lain: Desert Hamster
Latin: Cricetinae Phodopus roborovskii
Panjang tubuh: 4-5.5 cm
Batas umur rata-rata: 2.5-4 tahun
Karakter: Berkoloni
Hamster Roborovski berasal dari Mongolia Timur wilayah utara daratan Cina dan hamster ini adalah hamster yang berukuran paling kecil diantara hamster mini lainnya dan juga salah satu hamster favorit saya selain Hamster Sirian. Hamster Roborovski sangat lincah dan sangat sulit untuk dijinakan walau banyak juga yang melaporkan bahwa Hamster Roborovski dapat dijinakkan sehingga dapat dipegang.
Hamster Roborovski mempunyai wajah yang paling berbeda diantara hamster lainnya dan hamster ini hanya ada 2 jenis mantel bulu. Roborovski normal biasa disebut Agouti mempunyai warna putih diatas mata yang menyerupai alis karena wilayah wajah batas hidung keatas sampai punggung berwarna coklat pasir keemasan dengan perut berwarna putih. Untuk yang White Face warna bulu di wajah seluruhnya berwarna putih. Hamster Roborovski mempunyai ekor yang pendek sekali sehingga hampir tidak terlihat. Hamster Roborovski hidup berkelompok walau banyak kasus bisa terjadi perkelahian tiba-tiba dan saling mencederai.

Berikut adalah 2 variasi mantel bulu Hamster Roborovski :


5. Hamster Hibrid
Inggris: Hybrid Hamster
Panjang tubuh: 8-12 cm
Batas umur rata-rata: 1-1.5 tahun
Karakter: Berkoloni
Hamster Hibrid adalah hasil pembiakan antara Hamster Campbel dan Hamster Winter White. Saya tidak menemukan referensi nama lain dari Hamster Hibrid, bahkan tidak ada nama latin untuk hamster ini, karena Hamster Hibrid bukan jenis yang murni. Di dunia barat pembiakan campuran antara Hamster Campbel dan Hamster Winter White sangat ditentang karena akan menghilangkan keaslian dan kemurnian dari sub spesies hamster Campbel dan Winter White. Tapi bila Anda mengetahui nama lain dan nama latin dari Hamster Hibrid, itu akan sangat membantu untuk lengkapnya informasi mengenai Hamster Hibrid. Di negara barat seperti Amerika dan Inggris sangat jarang atau bahkan tidak ditemukan Hamster Hibrid di petshop atau di perternakan hamster yang ternama sekalipun kerena mereka para breeder umumnya tidak menyukai perkawinan 2 jenis binatang yang berbeda terutama hamster.

Namun di Indonesia para breeder senang menciptakan dan membiakkan Hamster Hibrid karena kedua Hamster Campbel dan Winter White masih kerabat dekat yaitu dari spesies Djungarian Dwarf Hamster (Phodopus Sungorus).  Ciri fisik Hamster Hibrid adalah campuran dari Hamster Campbel dan Hamster Winter White namun bentuk wajah Hamster Hibrid lebih condong menyerupai hamster Winter White dengan sifat dan karakter antara Campbel dan Winter White.

Hamster Hibrid sebenarnya tidak hanya perkawinan silang antara Campbel dan Winter White. Namun Syrian dan Campbel pun bisa di kawin silangkan dan anak mereka akan disebut Hamster Hibrid, begitu juga dengan hamster lainnya karena mereka berasal dari sub famili yang sama (Cricetinae). Tapi Anda tidak bisa membiakan 2 jenis binatang yang berbeda sub famili seperti anjing dan kucing.

Diyakini Hamster Hibrid mempunyai jangka hidup yang pendek. Umur hamster ini umumnya paling lama hanya mencapai 1.5 tahun. Hamster Hibrid mempunyai warna bulu krem yang agak memudar disertai timpahan warna abu-abu halus. Terdapat juga warna putih dengan garis halus di punggung berwarana krem muda. Namun ada juga yang berwarna emas terang dengan mata berwarna merah. Hamster ini agak mahal karena banyak hobis di Indonesia yang gemar mengkoleksi hamster Hibrid dengan berbagai jenis bulu yang baru dan menarik.

Itulah kelima hamster yang ada di Indonesia yaitu
Sirian, Campbel, Winter White, Roborovski dan Hibrid. Berikutnya adalah hamster yang jarang atau bahkan tidak ada di Indonesia namun banyak di pelihara oleh orang-orang di negara barat seperti Amerika dan Inggris, yaitu:
6. Hamster Cina
Inggris: Chinese Hamster
Sebutan Inggris lain: Long-Tailed Dwarf Hamster
Latin: Cricetinae Cricetulus griseus
Panjang tubuh: 10-12 cm
Batas umur rata-rata: 2-2.5 tahun
Karakter: Soliter
Hamster Cina berasal dari daratan utara Cina dan Mongolia dan tidak termasuk dalam Hamster Mini atau Dwarf Hamster, ini dapat dilihat dari nama latinnya yang berbeda yaitu Crecetulus bukan Phodopus dan tetap dalam sub famili Hamster yaitu Cricetinae. Tetapi mengapa banyak orang menggolongkan Hamster Cina ke dalam Hamster Mini, itu di karenakan oleh panjang dan besar tubuh Hamster Cina dan Hamster Mini tidak jauh berbeda. Hamster Cina satu-satunya hamster yang ekornya dapat memegang sesuatu karena ekor hamster ini memang agak panjang dibanding hamster lainnya. Hamster Cina merupakan hamster yang bentuk tubuhnya menyerupai tikus sehingga sering diberi julukan Rats Hamster namun itu hanya julukannya saja, bukan berarti Hamster Cina mempunyai hubungan kerabat dekat dengan tikus, tidak sama sekali.

Hamster Cina mempunyai karakter yang tenang, ramah dan mudah dijinakkan walau untuk pertama kali hamster ini agak sedikit agresif. Hamster ini jarang bahkan tidak menggigit bila dipegang dengan benar. Hamster Cina mempunyai mantel yang tidak terlalu berbulu seperti hamster lain, jadi seperti melengket dengan kulitnya.

Hamster Cina yang normal berwarna abu-abu dengan garis yang terlihat jelas berwarna coklat gelap atau hitam di punggung dan warna bulu di bagian perut adalah putih. Hamster Cina yang berwarna terang adalah mantel bulu berwarna putih dengan garis hitam dipunggung. Hamster Cina jantan mempunyai badan yang lebih besar dari yang betina.

Itulah 6 jenis hamster yang kita kenal sekarang ini. Sebagai ringkasan, kita menyebut hamster yaitu untuk Hamster Sirian, dan lainnya kita menyebut Hamster Mini atau Dwarf Hamster adalah untuk Campbel, Winter White, Roborovski, Hibrid dan Hamster Cina.

Masih ada beberapa jenis hamster lagi yang tidak dijadikan sebagai peliharaan seperti Hamster Eropa (European Hamster) dengan nama latin Cricetus cricetus dan Hamster Migratori (Migratory Hamster) dengan nama latin Cricetulus Migratorius.

Semoga dengan keterangan diatas dapat menambah minat Anda kepada binatang lucu ini yaitu Hamster.