Thursday, July 26, 2012

5 Menu Ideal Untuk Santap Sahur

 Menu Sahur

Saat santap sahur sebaiknya kita memakan makanan yang sehat agar ibadah puasa ramadhn kita pada esok hari dapat berjalan dengan lancarl tampa maslah. Nah berikut ini ada beberapa menu santap sahur yang ideal mau tahu apa aja itu simak berikut ini.

1. Sayuran hijau
Bayam, asparagus dan brokoli memiliki efek panas tinggi pada tubuh dan memiliki kepadatan kalori yang rendah. Ini berarti tidak mungkin disimpan sebagai cadangan lemak karena sebagian besar kalori yang dibakar masuk dalam proses pencernaan.Serat pada sayuran ini juga mengandung antioksidan, vitamin dan mineral yang membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

2. Ikan
Ikan berlemak sehat seperti salmon, tuna, makarel, dan sarden mengandung asam Omega 3 tiga yang sangat tinggi. Bukan hanya mengenyangkan perut tetapi juga menurunkan tingkat kolesterol dalam darah serta melancarkan proses metabolisme.
Asam Omega-3 mengubah tingkat leptin – hormon yang secara langsung mempengaruhi metabolisme dan menentukan apakah kalori yang ada dibakar atau disimpan sebagai lemak. Sebaiknya olah ikan dengan dipanggang atau dikukus dan konsumsi bersama sayuran.

3. Susu rendah lemak
Susu skim, keju rendah lemak dan yogurt adalah sumber terbaik kalsium. Khasiat kalsium adalah untuk memecahkan sel-sel lemak. Sejumlah penelitian menunjukkan, jika kebutuhan kalsium tak terpenuhi, tubuh akan memproduksi calcitrol, hormon yang membuat lemak menumpuk dalam tubuh.

4. Apel
Kadar air dan serat yang tinggi adalah alasan Anda merasa kenyang setelah makan apel. Kulit apel juga mengandung serat pektin yang berfungsi sebagai penekan nafsu makan alami. Untuk menjaga berat badan dan tetap kenyang, makanlah apel dengan kulitnya setiap hari.

5. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan tinggi akan serat dan sumber protein yang baik. Untuk mencerna membutuhkan waktu lebih lama, sehingga membuat Anda merasa kenyang untuk waktu lama pula. Protein memang memiliki “highest satiety index” (indeks yang menentukan berapa lama Anda merasa kenyang) daripada zat nutrisi lainnya.